You Are Reading

7

Standar Kompetensi Dokter Umum

Unknown Selasa, 24 April 2012


Dokter umum sangat dianjurkan untuk mengetahui semua jenis  penyakit karena mereka merupakan lini pertama dari sebagian besar pengobatan sebuah penyakit. Namun, semuanya tak harus diketahui secara mendalam, dokter umum punya batas kompetensi untuk masing-masing penyakit. Nah, seorang dokter umum diperbolehkan melakukan suatu tindakan hanya berdasarkan standar tersebut.


STANDAR KOMPETENSI DOKTER UMUM

Tingkat I
  • Dapat mengenali dan menempatkan gambaran klinik sesuai penyakit ketika membaca literatur. Tahu bagaimana mendapatkan informasi lebih lanjut. Tau gambaran klinik => dapat menduga penyakit => segera rujuk.
Tingkat II
  • Mampu membuat diagnostik klinik berdasar pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diminta  seperti : Laboratorium sederhana atau X-ray. Selanjutnya merujuk pada spesialis yang  relevan dan menindaklanjuti sesudahnya.
Tingkat III
  • III a
    • Mampu membuat diagnosis klinik berdasar pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan. Mampu berikan terapi pendahuluan dan merujuk pada spesialis yang relevan. BUKAN KASUS GAWAT DARURAT.
  • III b
    • Mampu membuat diagnosis klinik berdasar pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan. Mampu berikan terapi pendahuluan dan merujuk pada spesialis yang relevan. KASUS GAWAT DARURAT.
Tingkat IV
  • Mampu membuat diagnosis klinik berdasar pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan. Dapat memutuskan dan mampu menangani problem itu secara mandiri hingga tuntas.
DOWNLOAD - Standar Kompetensi Dokter.pdf 

cara download


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

7 komentar:

Unknown mengatakan...

pengen banget jadi dokter umum. susah gak???

Unknown mengatakan...

Sebenarnya, jadi apapun kita, ada gampang2 susahnya. Tapi itu balik lagi ke niat dan usaha. Kalau niatnya kuat dan usahanya juga keras, kemudahan akan muncul menyertai :)

Mari bergabung jadi sejawat :)

Unknown mengatakan...

kalo cari title dokter saya rasa gampang....asal ada uang dan mengikuti aturan yang ada.
cari ilmu nya agar menjadi seorang dokter yang profesional itu lah yang susah......

salam sejawat :)

ni mengatakan...

Tidak ada manusia yang sempurna. Semoga semua dokter menjunjung tinggi keprofesionalan tersebut.

salam sejawat :)

Anonim mengatakan...

Susah

Unknown mengatakan...

Lebih baik jgan. Sangat susah, salam sejawat

Unknown mengatakan...

Sebelum masuk pendidikan dokter, tanya dulu pada yang sedang atau sudah menempuh pendidikan tersebut. Bila kamu menyukainya, maka bergabunglah dengan senang hati. Bila tidak suka, maka jangan memaksakan diri. :)

Apapun jurusannya, bila dimasuki dan dijalani dengan senang hati, maka tidak akan berat. Semoga.

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Catatan Mahasiswa FK