You Are Reading

3

Who am I?

Unknown Sabtu, 12 Oktober 2013


Hello...

Perkenalkan sobat, saya seorang anak dari pasangan orang tua yang sangat saya sayangi, seorang adik dari uda-uda(uda=panggilan untuk kakak laki-laki di Sumbar) yang sangat saya banggakan, seorang uni(uni=panggilan untuk kakak perempuan di Sumbar) dari adik yang sangat saya kasihi, seorang saudara seiman dari semua yang mengenal saya atau pun tidak. Panggil saja saya dengan sebutan Novi atau Irayanti. Namun orang terdekat lebih akrab menyapa saya dengan nama ii. Aneh kan? Ya, saya juga tau. Tapi segala sesuatu tercipta karena ada alasan. So, I'll tell you later.

Seperti rincian di atas, saya memilik 3 orang saudara. Dan saya merebut nominasi 'tercantik' dari mereka karena dengan bijaksana kedua orang tua saya sudah memberikan penghargaan paling 'gagah' kepada mereka bertiga. Wops, bukannya tidak mau memberikan kata 'terganteng' atau 'tertampan', tapi 3 jagoan itu lebih pantas menerima kata yang pertama. Yap, begitulah. Saya dan ibu dikawal oleh 4 lelaki luar biasa.

Kami semua awalnya tinggal di sebuah daerah kecil berpagar bukit yang menamai dirinya dengan Kota Lubuk Sikaping, ibu kota salah satu kabupaten di Sumatera Barat-Pasaman. Sebuah kota kecil yang pada tahun 2013  ini meraih penghargaan Adipura, sangat membanggakan sekali. Dan seiring bergulirnya waktu, Uda saya yang pertama-Murdani, akrab saya panggil Da Deden-pindah ke Kota Padang semenjak bertugas di sana. Lanjut dengan Uda kedua-Mulyandri, Da Andi-yang walaupun masih dinas di Lubuk Sikaping tetapi sudah membina keluarga kecil dengan kakak ipar saya yang cantik-Naura Kamila, Ni Mila-di Payakumbuh, sebuah kabupaten lain di Sumatera Barat. Ikut-ikutan, saya juga hengkang dari rumah setelah dinyatakan lulus sebagai salah satu mahasiswi di sebuah universitas negeri di Padang, Universitas Andalas. Dan terakhir, adik saya-Roni Putra, akrab saya sapa iyon-angkat kaki dari rumah kami tercinta setelah dinas di Padang Tujuh, daerah kecil di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Jadi, tinggallah ayah dan ibu yang mengisi ruang di rumah mungil tersebut.

Waktu berusia 5,5 tahun, saya dimasukkan ke sebuah Taman Kanak-Kanak yang cukup ternama di kota kecil kami, TK Aththaharah. Dengan menjadi lulusan terbaik, hari itu saya dianugerahi menjadi pembaca al-quran sepanjang arak-arakan mengelilingi kota. Selain itu, saya selalu mewakili sekolah bila ada perlombaan, dan alhamdulillah selalu dapat predikat yang baik. Setelah satu tahun di sana, saya melanjutkan study ke SDN 10 Pauh. SD tersebut memang bukan yang terbaik di kota, tapi ibu memilih memasukkan saya ke sana karena faktor lebih dekat dari rumah dan Uda saya juga tengah bersekolah di tempat yang sama. Waktu itu beliau berdua berada di kelas 6. Nah lo, tanya kenapa kedua Uda saya berada pada kelas yang sama? Apa mereka kembar? See then. Tidak kalah banyak prestasi, saya juga meraih beberapa penghargaan seperti Juara 3 bidang mata pelajaran IPA lomba siswa teladan tingkat SD se kabupaten. Selain pelajaran, saya dan teman-teman juga dapat penghargaan juara 1 di bidang olahraga lomba SKJ (senam Kesegaran Jasmani) tingkat SD se Kabupaten. Ah, masa-masa kejayaan yang indah.

Saat di SLTP, saya seperti singa tidur yang tengah menunggu masa kebangkitan. Tidak terlalu banyak prestasi karena berada di kelas unggul. Bahkan juara kelaspun tidak. Masa peralihan yang lumayan menguras tenaga di SMPN 1 Lubuk Sikaping. Selepas dari sana, kehidupan saya makin berwarna dengan memasuki SMAN 1 Lubuk Sikaping. Tak tanggung-tanggung, saya menduduki kelas unggul yang berarti saya harus tinggal dan mencecap kehidupan asrama untuk 3 tahun kedepannya. Sungguh luar biasa pengalaman hidup yang saya dapati di sana. Dengan dihadapkan pada karakter yang berbeda-beda, saya yang dahulunya lumayan pilah pilih dalam bergaul seolah ditempa menjadi lebih dewasa dalam memilih teman. Banyak suka duka yang saya lalui dibawah slogan One for all, and all for one di asrama tercinta. Namun, akhirnya saya diberi buah yang sangat manis dengan bertemu sosok-sosok luar biasa yang akrab saya panggil dengan G13 (Generasi 13), itulah keluarga kecil kami, astra astri g13 tercinta-Sacrifice for goodness.

Tidak banyak prestasi yang saya ukir selain menjadi salah satu wakil lomba debat UUD 1945 yang langsung dibawahi MPR-RI, dan juara 1 Olimpiade Komputer ditingkat kabupaten. Namun olimpiadenya kandas di Provinsi, jadilah saya tidak sampai merambah nasional. Mungkin sudah jalan takdir. Hehe.

Dan sekarang, saya tengah mengarungi dunia permahasiswaan di sebuah universitas negeri ternama, Universitas Andalas (UNAND). Saya kuliah di jurusan Pendidikan Dokter angkatan 2009. Hanya warga biasa yang akan menjadi luar biasa kelaknya.

 
Sekian dan salam kenal dari saya.
Novi Irayanti
 


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

3 komentar:

Bahan-Bahan Ujian Kepelautan mengatakan...

lengkap bgt coy :D

Unknown mengatakan...

Hehe, g lengkap2 amat :D

Rawindra mengatakan...

Lengkap.menarik.terstruktur. bagai baca perkenalan di novel .hehe

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Catatan Mahasiswa FK