You Are Reading

2

Apa itu Sirah Nabawiyah?

Unknown Minggu, 24 Februari 2013


Ibnu Mandzur dalam kitab Lisanul Arab  menyatakan arti As Sirah menurut bahasa adalah kebiasaan, jalan, cara, dan tingkah laku. Menurut istilah umum, artinya adalah perincian hidup seseorang atau sejarah hidup seseorang. Para ulama pun sepakat menyatakan bahwa maksud dari as-Sirah an-Nabawiyah adalah sejarah hidup Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam yang komprehensif.

Pada dasarnya, sirah membahas 3 bahasan utama
  1. Sejarah kehidupan Rasulullah S.A.W sejak tanda kenabian (sejak lahir) sampai wafatnya.
  2. Sejarah kehidupan para sahabat yang beriman dan berjihad bersama beliau.
  3. Sejarah penyebaran Islam yang dimulai dari turunnya Al 'Alaq di Gus Hira sampai berduyun-duyun umat di Jazirah Arab memasuki Islam.

Dapat disimpulkan bahwa sirah berisi perincian kisah Rasulullah dari kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi Nabi, serta perjuangan-perjuangan beliau dalam menegakkan Islam hingga akhir hayatnya.

Dengan membaca Sirah Nabawiyah, kita dapat menelusuri bagaimana perjalanan Sang Kekasih Allah tersebut. Mempelajari kepribadian Rasullah yang sangat luar biasa, menjadikannya contoh teladan dalam menjalani hidup sehingga dapat menambah keimanan dan memperkuat komitmen pada ajaran Islam yang sangat mulia ini.



Sumber :
http://blogustazsyazwan.blogspot.com/2012/03/pengertian-sirah.html



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

2 komentar:

Nursyarifah Syed Putera mengatakan...

terima kasih ilmunya. .

Unknown mengatakan...

Nur juga ada ya

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Catatan Mahasiswa FK